BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Perusahaan
Latar
belakang berdirinya usaha ini dikarenakan keinginan kami dalam membuka lapangan
usaha yang mandiri, kreatif serta inovatif dalam segala aspek pemasarannya.
Nama Usaha yang kami bentuk diberi nama BE’e, kenapa BE’e ? Karena menurut kami
nama BE’e mudah diingat dan memiliki arti sebagai hewan lebah yang sangat
produktif dan kaya akan manfaat yang diberikan tuhan kepadanya begitupun dengan
usaha yang kami bentuk, kami berharap dapat menjadi usaha yang produktif dan
bermanfaat untuk semuanya. Produk yang kami tawarkan berupa Pin dan Gantungan
kunci ( accecoris). Mengapa Pin dan Gantungan kunci ?? hal ini dikarenakan kami
beranggapan konsumen Indonesia menyukai berbagai macam accecoris terutama Pin
sebagai tanda atau logo yang mudah dikenakannya.
1.2 Sekilas
tentang BE’e
Pin yang
kami jual merupakan hasil produksi dari desain yang telah kami buat.Selain
memiliki banyak varian yang tidak monoton kamipun selalu membuat produk Pin
yang memiliki kualitas produk terbaik yang tentunya awet untuk selalu
digunakan, warna dan desain yang kami tawarkan sangat kreatif dan terbatas
dalam pembuatan produksi sehingga pemakai memiliki desain khusus untuknya
sendiri. Jika dilihat dari segi kebutuhan Pin adalah kebutuhan konsumen karena
Pin yang menarik akan sangat disukai untuk dipakai oleh kalangan anak-anak,
remaja sampai orang dewasa. Produk yang kami tawarkan juga dapat dipesan sesuai
desain ataupun jumlah yang konsumen inginkan dengan jaminan produk yang unggul
dan ketepatan waktu dalam pemesanannya kami berikan jaminan “definitely”.
BE’e lebih
mengutamakan kepuasan konsumennya dalam memperoleh kebutuhan yang diinginkan,
karena kami yakin membantu anda merupakan kepuasan tersendiri bagi kami dengan
begitu kami akan selalu menjadi no. 1 dihati anda, sesuai slogan kami “we are
always the best”.
Gambar Pin
dan Bahan Bakunya.
1.3 Alasan
Memilih Produk Pin
1. Pin yang
bagus memiliki bentuk animasi yang disukai.
2. Pin yang
kami tawarkan memiliki kontras warna yang cerah dan menarik.
3. Harga
yang relative murah serta variasi bentuk dengan berbagai macam warna.
4. Bentuk
dan warna Pin yang dapat dipesan.
5. Bahan
tidak murahan sehingga awet dan aman untuk dipakai.
1.4 Visi dan
Misi
- o Visi
Mengembangkan
kreativitas serta kemampuan enterpreneur mahasiswa dalam bidang bisnis dan
kewirausahaan.
- o Misi
Selalu
memberikan yang terbaik dari yang terbaik .
1.5 Maksud
dan Tujuan
- · Menjawab kebutuhan konsumen atas produk accecoris (Pin) yang meraka ingginkan.
- · Meningkatkan kemampuan mahasiswa / anak muda sebagai entrepreneur yang gigih dan bermutu.
- · Menghasilkan karya atau produk yang bermanfaat untuk semua kalangan.
- · Mendapatkan profit dari keuntungan usaha kami bentuk
serta ikut
membantu lapangan usaha yang akan tercipta.
BAB II
ISI
2.1 Aspek
Pemasaran
2.1.1
Gambaran umum pasar dan kendala
Produk kami
dapat digunakan oleh semua kalangan, karena produk kami dilengkapi dengan
ukuran-ukuran mulai dari yang kecil berukuran (3.2 cm) sampai yang besar
berukuran (7.5 cm) dalam hal pelayanan pun kami berusaha melayani konsumen
dengan ramah. Kendala yang kami hadapi dalam memasarkan produk kami karena
masih belum begitu mengenalnya konsumen kepada produk kami, masih belum
memadainya tempat berjualan bagi kami dan adanya retribusi dilokasi pasar
kaget.
2.1.2
Permintaan
Konsumen
dapat memesan produk kami sesuai dengan model produk yang kami tawarkan, dan
konsumen juga dapat memilihnya sesuai dengan ukuran, bentuk ataupun warna
sesuai dengan keinginan konsumen, Pemesanan dapat dilakukan by phone , personal
selling maupun E-mail kami.
2.1.1
Penawaran
Kami menawarkan
berbagai macam produk dengan bentuk yang berbeda warna dan ukuran sesuai dengan
harga yang kami tawarkan. BE’e memiliki 5 macam bentuk yaitu Pin polos, Pin
kaca, Pin Magnet, Tutup botol, Pin kaki tangan. Dengan ukuran paling kecil
mulai dari (3.2 cm) sampai paling besar ukuran (7.5 cm), harga yang kami
tawarkan relative murah dari Rp 2500 s/d Rp 5000 dan kami juga menerima pesanan
dalam jumlah banyak dengan harga yang lebih murah.
2.1.4
Strategi Pemasaran Dan Promosi
Kami
memasarkan produk pin dengan cara bauran pemasaran melalui teman-teman,
keluarga, lingkungan sekitar serta keikut sertaan kami dalam pasar kaget yang
ada disekitar daerah rumah agar dapat memudahkan kami dalam melakukan penjualan
sehingga terjadi pembelian. Kamipun melakukan promosi penjualan yang dilakukan
secara pribadi (personal selling), by phone, maupun E-mail Kami yang
mengedepankan kualitas dengan cara meningkatkan publisitas.
Kegiatan
promosi yang kami lakukan melalui media telekomunikasi Elektronik (E-comerce)
dengan selalu meng up-date info – info terbaru dari produk kami melalui
jejaring social Facebook, Twitter, Liveconnector maupun meng up-date pada web
KASKUS, BLOGGER dan sekarang dalam proses publikasi melalui account ebay kami.
Gambar
Segmentasi Pasar Berdasarkan Diagram Pie, Produk Be’E_Pin
2.1.5
Struktur Organisasi
2. 2.2
Keunggulan Produksi
Produk yang
kami tawarkan mampu melengkapi keinginan konsumen yang semakin bervariasi di
zaman modern saat ini. Semakin majunya zaman, semakin maju juga ide-ide kreatif
anak muda untuk berkreasi memberi warna baru dalam produk Pin.
Produk yang
kami tawarkan di produksi dan didesain sendiri oleh kami, dengan sarana dan
prasarana yang lengkap dan dikerjakan oleh SDM produksi yang telah amat
berpengalaman dalam bidang pembuatan Pin dan desain grafis yang kami tawarkan
kepada konsumen, maka dari itu kami mampu memberi jaminan kualitas yang
terbaik.
2.2.1
Kelemahan Usaha
Didalam
semua kegiatan usaha pasti memiliki kelemahan usaha, begitupun dengan kami,
kelemahan usaha yang kami miliki dikarenakan keterbatasan SDM ( sumber daya manusia
), hal ini dikarenakan usaha yang kami bentuk membutuhkan banyak tenaga
kerja pada
bidangnya, terutama pada bagian pemasaran SDM yang kami lakukan masih sangat
minim begitupun dengan tempat usaha (outlet) kami masih terbatas.
2.2.2
Peluang Usaha
Berbeda dari
usaha lainnya BE’e memiliki keunggulan dibidang pembuatan Pin dan produk yang
dibuat oleh SDM produksi berpengalaman atau bisa dikatakan BE’e memiliki tenaga
– tenaga ahli yang telah lama bekerja dalam pembuatan Pin, dengan kemampuan
yang kami miliki setidaknya kami yakin kami dapat menjadi usaha Pin yang selalu
dicari oleh konsumen Pin yang ada.
2.2.3
Kegunaan / Fungsi Produk
Pin
merupakan accesoris yang dapat digunakan sebagai tambahan hiasan pakaian, topi,
tas dan pelengkap busana lainnya. Pin yang menarik dapat meningkatkan
kepercayaan diri bagi pemakainya.
Pin juga
dapat dibuat sebagai simbolik yang digunakan pemakainya, sebagai contoh
peringatan hari HIV AIDS, SEA GAME, simbolik SOLIDARITAS yang dikenakan remaja
– remajadi Indonesia maupun di negara lain.
2.3 Aspek
Keuangan
No
|
Item
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Harga Beli (Rp)
|
1
|
Alat press PIN
|
1 Buah
|
3.000.000
|
3.000.000
|
2
|
Gantungan & Peniti
|
1 Pack
|
2.500
|
2.500
|
3
|
Plastik PIN
|
5 Pack
|
1.000
|
5.000
|
4
|
Seng PIN
|
5 Pack
|
1.500
|
7.500
|
5
|
Rangka PIN
|
5 Pack
|
2.000
|
10.000
|
6
|
Tutupan Botol PIN
|
5 Pack
|
5.000
|
25.000
|
7
|
Kaki Tangan PIN
|
5 Pack
|
5.000
|
25.000
|
8
|
Kaca
|
5 Pack
|
3.000
|
15.000
|
9
|
Screen PIN (A4)
|
2 Rim
|
30.000
|
60.000
|
10
|
Tinta Printer
|
4 Botol
|
80.000
|
240.000
|
11
|
Alat Potong PIN
|
2 Buah
|
20.000
|
40.000
|
Total
|
3.430.000
|
Laporan Penjualan bulan November 2011
Bulan
|
Tgl
|
Item
|
Jumlah
|
Harga Jual/Unit
|
Harga Jual
|
November
|
1
|
Pin Kaca
(ukuran 5.3cm)
|
3 Pcs
|
3.500
|
10.500
|
5
|
Pin Tutup
botol (ukuran 3.2cm) & Gantunga Kunci Kaca (ukuran 3.2cm)
|
10 Pcs
|
2.500
|
25.000
|
|
9
|
Pin Kaca
(ukuran 5.3cm)
|
5 Pcs
|
3.500
|
17.500
|
|
11
|
Pin Kaki
Tangan (ukuran 5.3cm)
|
10 Pcs
|
3.500
|
35.000
|
|
14
|
Pin Kaki
Tangan (ukuran 5.3cm)
|
20 Pcs
|
3.500
|
70.000
|
|
22
|
Pin Kaki
Tangan (ukuran 5.3cm)
|
200 Pcs
|
2.500
|
500.000
|
|
Total Penjualan
|
658.000
|
BAB III
PENUTUP
Demikian
proposal ini saya buat, dengan harapan dapat terealisasikan. Semoga apa yang
telah saya kerjakan ini dapat disetujui oleh bapak/ibu guru, seperti apa yang
telah saya harapkan sebelumnya, dan demi kelangsungan proposal ini, saya
inginkan kritik dan saran nya,
Atas
perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.
No comments:
Post a Comment